Indikator Check Engine

Logo check engine merupakan momok menakutkan bagi hampir semua pemilik kendaraan dengan sistem injeksi. Check engine merupakan indikator aktuator yang memberi isyarat adanya kondisi tidak optimal dan tidak normal pada mesin.

Indikator Check Engine menyala menandakan adanya kejadian tidak normal dalam kondisi mesin. Indikator ini menyala atas perintah ECU setelah mendapat hasil dari sensor-sensor dan mengupayakan kondisi optimal agar mobil tetap bisa berjalan. Sebagai peringatan agar kerusakan tidak lebih parah, indikator ini menyala sebagai upaya awal peringatan pada pengemudi untuk pemeriksaan lebih lanjut ke bengkel.

Untuk beberapa kendaraan modern, indikator ini bisa diartikan sesuai keterangan yang muncul. Bisa juga dilakukan reset manual langsung pada kendaraan. Tapi fungsi ini tidak terdapat pada semua kendaraan.

Scan ECU adalah langkah lanjutan yang bisa ditempuh guna memastikan komponen yang bermasalah. ECU yang menyimpan log / riwayat dapat menampilkan data kejadian tidak normal yang dilaporkan sensor. Log ini yang menjadi acuan pemeriksaan lebih lanjut.

Penggantian komponen sensor yang terbaca tidak normal, bukanlah solusi dari menormalkan mobil. Mungkin bisa mematikan indikator check engine, tapi hanya bersifat sementara. Jika kerusakan tidak diperbaikan, sensor akan kembali membaca kerusakan dan ECU akan berusaha menormalkan dengan merubah kombinasi kerja pada aktuator. Begitu selanjutnya berulang.

Reset ECU bisa jadi solusi lanjutan jika sudah dilakukan perbaikan dan pergantian sensor tapi check engine tetap menyala. Hal ini disebabkan ECU tidak mampu membedakan komponen baru yang terpasang secara langsung. Butuh reset untuk mengembalikan settingan kembali ke kondisi awal tanpa pengaruh log kerusakan sebelumnya.

Jadi secara alur kerja dapat disimpulkan,

  1. Scan
  2. Periksa kerusakan fisik
  3. Pergantian komponen
  4. Reset

Jika terlewat pada salah satu alur kerja, check engine dapat menyala kembali walau sebenarnya mobil sudah dalam kondisi normal. Karena adanya perbedaan informasi dan perubahan yang tidak diketahui ECU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open WhatsApp
Jaya Motor Bukittinggi, Ada yang bisa dibantu?