Advertisements

Tips Parkir Paralel

Mencari parkir kosong di kota besar semakin hari semakin sulit. Apalagi jika Anda harus berhadapan dengan parkir paralel yang terkadang membuat Anda pusing. Padahal sebenarnya parkir paralel tergolong mudah untuk dilakukan, asalkan Anda berhati-hati dan konsentrasi. Agar lebih ahli saat parkir paralel, kami sudah rangkum trik mudah memarkirkan kendaraan Anda secara paralel. Yang perlu Anda lakukan diantaranya:

Langkah 1: Cari Area Kosong di Parkir Paralel

Jika Anda sudah menemukan posisi area parkir paralel yang kosong, langsung sejajarkan mobil Anda dengan mobil yang diparkir paling depan. Setelah itu, beri tanda sein agar pengendara di belakang/depan tahu jika Anda sedang bersiap-siap memarkirkan kendaraan Anda ke posisi area yang kosong.

Langkah 2: Arahkan Kemudi Anda ke posisi Tempat Parkir yang kosong

Ubah posisi tuas transmisi Anda ke posisi R (reverse/mundur), serta berhati-hatilah saat bermanuver dan memundurkan kendaraan Anda ke posisi parkir yang kosong.

Ambil posisi stir berbelok 45′ menuju posisi parkir yang anda tuju hingga kendaraan berada pada posisi akhir. Kemudian balas stir maksimal 45′ pada arah yang berlawanan.  Jangan lupa perhatikan kondisi sekitar lewat kaca spion, agar menghindari terjadinya kecelakaan dengan pejalan kaki.

Langkah 3: Selaraskan Posisi Kendaraan Anda dengan Kendaraan di Depan & Belakang

Usai menempatkan kendaraan Anda di posisi parkir paralel yang kosong, selaraskan kendaraan Anda dengan kendaraan yang ada di depan dan belakang Anda. Hindari pula berbenturan kendaraan depan/belakang dan sisi jalan. Untuk lebih memudahkan Anda, mintalah bantuan teman, atau buka kaca kendaraan Anda agar bisa memastikan arah gerak kendaraan Anda.

Langkah 4: Berikan Ruang untuk Kendaraan yang Terparkir di Depan/Belakang Anda

Setelah menyelaraskan posisi body mobil Anda dengan kendaraan yang terparkir di depan/belakang Anda, pastikan Anda juga memberhentikan kendaraan Anda di tengah-tengah posisi parkir. Hal ini dilakukan agar kendaraan yang parkir di depan/belakang Anda bisa bermanuver keluar dari parkir paralel.

Langkah 5: Mengatur Posisi Ban dan Kemudi, Pasang Rem Tangan, Matikan Mesin, Selesai!

Kini Anda sudah dalam posisi di dalam parkir paralel, yang perlu Anda lakukan adalah mengatur posisi kemudi Anda. Jika Anda berada di parkiran paralel yang menanjak, arahkan ban dan kemudi ke arah berlawanan dengan tepi jalan. Tetapi, jika Anda berada di parkiran paralel yang menurun, posisikan ban dan kemudi Anda ke arah mendekati tepi jalan. Sehabis itu, Anda bisa langsung aktifkan rem tangan, matikan mesin kendaraan Anda, dan selesai! Kini kendaraan Anda sudah terparkir dalam posisi paralel.

Oleh : 

Sumber : www.carmudi.co.id

Sumber Gambar : www.acc.co.id

Advertisements

One thought on “Tips Parkir Paralel

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisements
Open WhatsApp
Jaya Motor Bukittinggi, Ada yang bisa dibantu?