Advertisements

Cara Menghindari Embun di Kaca Mobil

BKT – Efek embun yang menempel pada kaca mobil memang menyebalkan, karena selain bisa membuat pandangan tidak jelas, embun yang muncul dan tidak dibersihkan pada waktu yang cukup lama akan berpotensi menimbulkan flek dan bahkan bisa berjamur.

Lantas, bagaimana caranya agar kondisi tersebut bisa diatasi? Berikut ulasannya.

1. Jangan parkir di tempat yang terlalu terik. Dengan menghindarikan mobil dari sinar matahari langsung, bisa mengurangi efek negatif dari sinar matahari pada permukaan kaca mobil.
2. Sebelum menyalakan AC, buka seluruh kaca terlebih dahulu. Hal ini berguna agar mobil tidak lembab.
3. Jangan menggunakan lap basah untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam. Jika sudah terlanjur, maka pastikan kaca dibuka penuh hingga kabin benar-benar kering.
4. Bersihkan dan jemur karpet mobil selama beberapajam. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan air dari karpet.

Tak hanya itu, ada beberapa cara unik namun sederhana untuk menghindari embun. Salah satunya adalah dengan menggunakan pasir kucing dari silica. Cara ini terbilang sederhana karena Anda hanya membutuhkan pasir dalam jumlah kecil dan selembar kain atau kaos kaki.

Caranya adalah, masukkan pasir kucing ke dalam kaus kaki hingga semata kaki, kemudian ikat erat. Pastikan pasir tidak keluar dari kaos kaki karena akan menyebabkan interior mobil menjadi kotor. Kemudian letakkan pasir tersebut di dashboard mobil atau di bawah bangku.

Pasir silica akan menyerap udara lembab yang ada pada interior mobil, sehingga embun yang biasa muncul pada kaca akan berkurang. Untuk mendapatkan pasir silica pun terbilang mudah karena dijual bebas di toko-toko hewan.

Oleh : Adi Hidayat Sumber Artikel : Mobil123 Sumber Gambar : Toyotatunasbandung

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Advertisements
Open WhatsApp
Jaya Motor Bukittinggi, Ada yang bisa dibantu?